Home / Informasi / Kesehatan / Awas, Ada 11 Bahaya Jika Tidur Menggunakan Kipas Angin

Awas, Ada 11 Bahaya Jika Tidur Menggunakan Kipas Angin

Awas, ada 11 Bahaya Jika Tidur Menggunakan Kipas Angin, TangselBanget.Com – Informasi Kesehatan, Kipas angin digunakan sebagai alat untuk menggerakan udara yang menyebabkan atau mampu menghasilkan angin.


Angin sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan kesejukan dan menyegarkan udara di dalam kondisi ruangan tertentu. Kipas angin juga pada dasarnya ada dua jenis yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin modern.

Sejarah Kipas Angin

Kipas angin tradisional seperti kipas yang digerakan oleh penggunanya sendiri dengan menggunakan tangan, sedangkan untuk kipas angin modern adalah kipas angin yang digerakkan oleh tenaga listrik.

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini semakin banyak bentuk kipas angin modern, mulai dari bentuk, model hingga warna sangat bervariasi. Tenaga penggeraknya yang menggunakan baterai juga semakin berkembang.

Pada dasarnya kipas angin yang sering digunakan adalah kipas angin listrik yang memiliki minimum 3 baling – baling pemutar. Kipas angin litrik ditemukan oleh Schuyler Skaats pada tahun 1882. pada saat itu kipas angin digunakan pada langit – langit rumah.

bahaya menggunakan kipas angin

Berbagai Macam Bahaya Menggunakan Kipas Angin Berlebihan Saat Tidur

1. Pasokan Oksigen Berkurang

Hal ini akan terjadi jika kita terus –  menerus menghadapkan kipas angin tepat ke arah wajah. Angin yang dihembuskan kipas angin tidak sepenuhnya oksiden atau bahkan juga ada gas karbon dioksida.

Jika angin yang dihembuskan terus dihadapkan ke wajah maka kita akan kesulitas mendapatkan pasokan oksigen yang normal, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi dan berkutat di sekitar wajah saja. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah kita menjadi tidak baik.

Baca Juga : 3 Pelaku Pembacokan Remaja di Tangsel di Tangkap Polisi

2. Penyakit Bell Palsy

Akan mengakibatkan penyakit kelumpuhan, namun bukan kelumpuhan tubuh, melainkan kelumpuhan yang terjadi pada wajah. Wajah akan terasa sangat sulit untuk tersenyum, tertawa dan akan terjadi pembengkakan di daerah wajah tertentu.

Penyakit ini disebabkan oleh kondisi syarat wajah yang menegang, dikarenakan terkena suhu dingin seperti dari kipas angin secara terus menerus.

3. Kulit Murah Kering

Kulit kering bukan hanya dikarenakan oleh sengatan sinat matahari saja, akan tetapi kondisi ruangan yang terlampau dingin juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti bahaya AC.

Saat terlalu lama menggunakan Kipas Angin juga memiliki egek kekurangan air pada tubuh, termasuk kulit. Kulit sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir ke sekitar kulit.

4. Tubuh Akan Kekurangan Air

Dr. Wendra Ali mengungkapkan, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa saat kita berada pada ruangan yang dingin dalam waktu yang lama maka akan membuat tubuh kita kekurangan air.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi tubuh kita, kita tahu bahwa sekitar 70% (tujuh puluh persen) tubuh kita sangat membutuhkan asupan air. Jika Kipas angin justri membuat air di dalam tubuh berkurang maka tentu akan sangat berdampak buruk bagi tubuh kita.

 

Baca Juga :

 

5. Terjadi Infeksi Saluran Pernapasan

Kipas angin berfungsi hanya untuk menggerakan udara. Tidak terjadi proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena itu udara yang ada di sekitar ruangan akan di hembuskan ke tubuh kita.

Akan tetapi menjadi bahaya jika wajah kita mendapatkan hembusan angin dari kipas angi tersebut. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, dan bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti asma.

6. Otot Akan Kaku dan Nyeri

Otot akan kaku dan nyeri juga akan dirasakan oleh kita jika mendapatkan hembusan angin dari kipas angin terlalu lama. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Maka tidak heran jika pada saat tidur dengan kipas angin, pada saat bangun kita terasa nyeri.

7. Menjadi Kebiasaan Buruk

Otak yang kita miliki mengendalikan syarat – syaraf perasa yang mempengaruhi kenyamanan. Jika kita terlalu sering menggunakan kipas angin pada saat tidur, maka akan membuat suatu kebiasaan baru yang artinya kita tidak akan bisa sekalipun tidur tanpa menggunakan kipas angin.

Dampaknya, bahaya kipas angin akan lebih mudah terjadi dan tidak akan memiliki kualitas tidur yang baik, karena setiap bangun maka akan terasa lelah dan nyeri.

8. Suhu Tubuh Menjadi Menurun

Keseimbangan tubuh sangatlah dibutuhkan untuk dapat menjaga aktivitas sel imun. Salah satu upaya pengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat.

Normalnya tubuh saat tidur akan mudah mengeluarkan keringat, akan tetapi jika menggunakan kipas angin saat tidur maka akan membuat kulit mengering dan mengecilkan pori – pori pada tubuh. Dampaknya keringat di dalam tubuh kita akan sangat sulit dikeluarkan.

9. Mudah Sesak Nafas

Kondisi tersebut terjadi dikarenakan udara yang kita hirup sangat sedikit sekali mengandung oksigen. Seperti yang sudah dikatakan pada beberapa point diatas, saat wajah kita menghadap kipas maka sirkulasi udara di sekitar wajah sangatlah buruh.

Karena oksigen akan menipit dan justru karbon dioksida akan bertambah. Bahayanya adalah maka kita akan mengalami sesak nafas jika kekurangan pasokan oksigen, yang bisa menjadikan penyebab asman.

10. Resiko Kematian Lebih Cepat

Kemungkinan terburuk yang dapat saja terjadi dari bahaya kipas angin jika kita tidur dengan menggunakan kipas angin dan berada di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk.

Bayangkan kjika kita berada di dalam ruangan tertutup maka tidak ada sirkulasi udara yang artinya pasokan oksigen akan sangat kecil. Tidak ada oksigen yang dihirup akan membuat kita menghirup karbon dioksidan yang menyebabkan akan merusakan organ pernapasan kita.

Kemungkinan terbutuh yang bisa terjadi adalam kematian jika terlalu lama menghirup karbon dioksida.

11. Mudah Sakit

Terakhir dari bahaya yang diakibatkan oleh kipas angin yaitu tubuh yang gampang sakit adalah egek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Hal ini akan dirasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel -sel imun lebih aktif.

Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel – sel mun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Apalagi jika saat tidur kita menghirup udara yang mendandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

Saran Penggunaan Kipas Angin

Dunia mencatat dalam waktu 2 tahun ada sedikitnya 20 kasus kematian akibat penggunaan kipas angin listri terlalu lama. meskipun medis menganggap ada faktor lainnya, akan tetapai tidak dapat di pungkiri bahwa penggunaan kipas yang terlalu lama juga dapat mengundang kematian.

Berkaca pada kepercayaan orang korea kita dapat mengambil prinsip antisipasi dari masyarakat korea dalam mencegah kematian yang disebabkan oleh kipas angin.

Baca Juga : Tips Mencegah Bahaya Kipas Angin

Share dan Like yah jika informasi ini bermanfaat. Tag orang yang kamu sayangi agar mereka terhindar dari bahaya kipas angin.

Check Also

Masker Tomat

Tangselbanget.com – Tomat adalah tumbuhan yang terbilang mudah ditemukan. Dari warna dan rasa yang menyegarkan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*